Jumat, 01 April 2011

Sejarah Sepeda Motor Dunia

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua sebaris yang menggunakan tenaga mesin sebagai tenaga penggeraknya. Keberadaan sepeda motor ini di kehidupan kita bisa dibilang bukanlah benda yang asing lagi, karena setiap hari kita dapat menemukannya. Sepeda motor adalah kendaraan bermotor yang paling banyak populasinya di negeri kita diantara kendaraan bermotor lainnya. Hal ini di karenakan harganya yang terjangkau dibandingkan dengan mobil. Tetapi di lain kasus, harga sebuah sepeda motor dapa melebihi harga mobil, tetapi sepeda motor ini masuk dalam klasifikasi kendaraan koleksi pribadi, yang hanya diproduksi terbatas.

A. Sejarah Sepeda Motor Dunia.
Sepeda motor pertama kali berasal dari Jerman yang diciptakan oleh Gottlieb Daimler dan partnernya Wilhelm Maybach yang merupakan dua orang pakar mesin empat langkah Jerman. Untuk lebih detilnya mengenai peristiwa-peristiwa tentang perkembangan sepeda motor, dapat kita lihat pada rincian-rincian dibawah ini:

1. Tahun 1885,
Gottlieb Daimler menciptakan sepeda motor pertama yang diberi nama Reitwegen (riding car). Sepeda motor ini masih sangat sederhana, berupa sepeda kayu yang diberi mesin 4 tak berukuran kecil. Mesin ini diletakkan ditengah (antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum.

2. Tahun 1893,
Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Motor Hildebrand-und-Wolfmller.



3. Tahun 1902,
Perusahaan pembuat sepeda Inggris, Triumph, memproduksi sepeda motornya yang pertama, yang menggunakan mesin Minerva buatan Belgia. Pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri, yang menyandang mesin berkekuatan 3 PK dan kecepatan maksimumnya 72 kilometer per jam.

4. Tahun 1903,
William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson.

Motor Harley Davidson.



5. Tahun 1904,
Perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.

Motor Indian.



6. Tahun 1906,
Perusahaan Inggris BSA (Birmingham Small Arms), memproduksi sepeda motor dengan menggunakan mesin Minerva, sebelum membuat mesin dengan kapasitas 350 cc, 500 cc, dan 595 cc sendiri.

7. Sampai Perang Dunia I (1914-1918),
Indian Motorcycle Manufacturing Company merupakan pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Setelah Perang Dunia I, posisinya diambil alih oleh Harley Davidson sampai tahun 1928, ketika posisinya diambil alih oleh DKW (Jerman). Pada tahun 1953, Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.

8. Pada tahun 1921,
Sepeda motor BMW hadir dengan konfigurasi mesin 2 silinder horizontal berlawanan (boxer) yang ditempatkan dalam rumah mesin tunggal yang terbuat dari aluminium. BMW menggerakkan roda belakang dengan koppel (shaft drive).

Motor BMW.



9.Pada tahun 1930-an,
Sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.

10. Sampai Perang Dunia II (1939-1945)
Perkembangan sepeda motor di Eropa, antara lain, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor pun dibuat untuk keperluan militer. Dan, pada masa itu, BSA membuat 126.000 unit sepeda motor M20 untuk Angkatan Bersenjata Inggris.

Motor BSA M20.




11. Tahun 1946,
Desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia. Pada tahun 1946 itu juga, perusahaan pembuat perlengkapan radio Italia, Ducati, membuat mesin 50 cc, Cucciolo, yang dipasangkan pada sepeda motor. Kapasitas Cucciolo pun kemudian diperbanyak, mulai dari 60, 65, 98, sampai 125cc.

12. Tahun 1949,
Honda memproduksi sepeda motor Dream atau Model D, yang menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 98 cc. Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah. Pada tahun1951, Honda memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin empat langkah, Dream E, dengan kapasitas 146 cc.

Honda Dream Type D 1950.



13. Tahun 1951,
BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.

14. Tahun 1952,
Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Sepeda motor jenis bebek ini sangat populer sehingga modelnya pun ditiru oleh perusahaan pembuat sepeda motor asal Jepang lainnya, seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki.

Honda Cub.



15. Tahun 1955,
Suzuki memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin berkapasitas 125 cc, empat langkah, dan 1 silinder. Namun, 10 tahun kemudian, Suzuki juga merambah ke mesin dua langkah, yang merupakan spesialisasinya.

16. Tahun 1955,
Yamaha memproduksi YA-1, sepeda motor yang menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1970, 15 tahun sesudahnya, diproduksi Yamaha XS-1 yang menyandang mesin empat langkah yang berkapasitas 650 cc, dalam konfigurasi V.

Yamaha YA 1.



17. Tahun 1961
Kawasaki memproduksi sepeda motornya yang pertama, B8, pada tahun 1961. Sepeda motor keluaran Kawasaki itu menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1973 atau 12 tahun sesudahnya, Kawasaki memproduksi Kawasaki Z1, yang menyandang mesin empat langkah dengan kapasitas 900 cc.

Sosok yang menarik, mesin yang andal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia.Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga dengan BMW, Triumph, dan Ducati.

18. Tahun 2006, 
Perusahaan Belanda, EVA Products BV Holland, mengumumkan kehadiran sepeda motor bermesin diesel komersialnya yang pertama, Track T-800CDI. Sepeda motor itu menyandang mesin diesel 800 cc, 3 silinder, buatan Daimler. Bagaimanapun, perusahaan-perusahaan pembuat sepeda motor lain, termasuk Royal Enfield, juga memproduksi sepeda motor bermesin diesel, paling tidak sejak tahun 1965.

EVA Tracker T800 CDI.




Related article:
http://maulbaikyah.blogspot.com/search/label/SEJARAH

1 komentar:

Posting Komentar

Setelah baca, harap beri komentar agar blog ini bisa lebih baik. Terima kasih